FKKS Baleendah Launching Buletin ‘Cerdik’

DEWAN PENDIDIKAN – Forum Komunikasi Komite Sekolah (FKKS) Kecamatan Baleendah, Rabu (31/3/2021), melaunching buletin ‘Cerdik’ (Cerdas dan Mendidik) di Kantor Dewan Pendidikan Kabupaten Bandung, Jalan RAA Wiranatakusumah No. 17 Baleendah, Kabupaten Bandung.

Hadir dalam launching tersebut Ketua Dewan Pendidikan Kab. Bandung Prof. Dr. Dadi Permadi, M. Ed, Ketua FKKS Kec. Baleendah Imam Supardi, M. M., para kepala sekolah dan ketua komite sekolah se Kecamatan Baleendah.

Ketua FKKS Baleendah Imam Supardi, M.M. mengungkapkan, buletin tersebut digagas untuk melengkapi referensi di sekolah-sekolah karena kebanyakan buletin atau jenis media lainnya yang masuk ke sekolah tidak fokus pada masalah pendidikan.

“Gagasan utama untuk melengkapi referensi bagi pendidik dan tenaga kependidikan yang ada di sekolah-sekolah. Juga untuk lebih memberdayakan komite-komite sekolah yang selama ini ‘terpinggirkan’,” ujarnya.

Ketua FKKS Baleendah Imam Supardi, M.M. saat memberikan sambutan pada launching buletin ‘Cerdik’ di Kantor Dewan Pendidikan Kab. Bandung di Baleendah, Rabu (31/3/2021). /visi.news/ist
Mengingat edisi perdana, kata Imam, buletin tersebut masih dicetak dalam jumlah terbatas dan masih banyak kekurangannya. “Untuk itu kami memohon kritik dan saran agar tampilan buletin ini ke depannya bisa lebih baik lagi. Juga bisa menjadi media aspirasi bagi semua stakeholder pendidikan,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, buletin ini terbit delapan halaman dan dibagikan secara gratis. “Kebetulan untuk edisi awal ini kami punya donatur sekaligus bendahara FKKS yang bersedia mendanai untuk edisi awal. Ke depannya insya Allah kita fikirkan bersama agar buletin ini bisa terbit secara kontinyu,” ujarnya.

Sementara itu, Bendahara FKKS Suhadi, S.E. sebagai penyandang dana buletin mengungkapkan bahwa dirinya bukan banyak uang tapi karena merasa tanggung jawab untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di wilayah Baleendah dan umumnya di Kab. Bandung. “Kita sepakat pada saat itu bersama Sekretaris FKKS Pak Asep Rohana (Ketua Komite Sekolah SMPN 3 Baleendah, red) untuk menerbitkan buletin yang sifatnya good news. Tapi bukan berarti tidak ada kritik sama sekali, mungkin masih ada kritik tapi dengan cara penyampaian yang baik,” ungkapnya.

Baca Juga : Hari Pertama Pencarian, Kapendam V/Brawijaya Sebut Tim Temukan Empat Korban
Lebih lanjut dikatakan, bukan hanya buletin yang ingin terus dikembangkan dan dibantu pendanaannya namun juga ada event-event yang akan digelar. “Banyak gagasan yang ingin kita lakukan. Insya Allah ke depan akan ada event yang digelar oleh FKKS, namun karena kondisi pandemi jadi kegiatan tersebut masih belum bisa dilaksanakan,” ujarnya.

Media Inspiratif

Kepala SDN Sari Malaka Ade Supriadi, S.Pd., mengungkapkan kehadiran buletin Cerdik ini diharapkan bisa menjadi ini media inspiratif bagi jajaran pendidik di sekolah-sekolah terutama dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

“Kami menyambut baik kehadiran buletin ini dan diharapkan menjadi media yang memberi inspirasi pada kami semua selaku pendidik. Kita harapkan juga buletin Cerdik ini bisa maju dan berkembang layaknya media besar,” ujarnya.

Senada, Kepala SMPN 3 Baleendah E. Wawan Hermawan, S.Pd., M.M.Pd., mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik dan apresiasi atas kehadiran buletin tersebut. “Terlebih dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini, komunikasi dengan anak-anak semakin sulit saja. PSBB ke PPKM tidak membantu meningkatkan kualitas pendidikan. Alhamdulillah komunikasi dengan pihak desa dan pihak kepolisian serta komite sekolah kita bisa melakukan upaya-upaya perbaikan pendidikan. Buletin ini bisa menjadi hibar bagi pendidikan di Baleendah,” ujarnya.

Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Bandung Prof. Dr. Dadi Permadi, M.Ed., dalam sambutannya berharap Cerdik bisa jadi media penguatan pendidikan karakter di sekolah-sekolah. “Saya harapkan media Cerdik ini bisa menjadi media yang bisa memperkuat pendidikan karakter. Karena kita sangat prihatin dengan kondisi anak-anak sekarang ini. Ada yang hilang dalam pendidikan karakter ini. Dari 18 pendidikan karakter dengan pembelajaran daring ini banyak yang hilang karakter anak-anak kita,” ujarnya.

Sebagai Pelindung dan Penanggung Jawab buletin Cerdik: Dewan Pendidikan Kabupaten Bandung dan Korwil Pendidikan.
Pembina: Anggota DPRD Kab. Bandung Yayat Hidayat, S.E., M. M., Toni Permana, S.H., Uus Firdaus, S.Hi.,

Pembimbing: Aep S. Abdullah; Pimpinan Umum: Imam Supardi; Dewan Redaksi: Aep S. Abdullah, Imam Supardi, Asep Kartika, Arief M. Lukman, Bambang Melga, Sapto Hardono.***

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *